Senin, 18 Agustus 2014

MENINGKATKAN KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA



MENINGKATKAN KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA PENEGAK TATA   TERTIB DAN DISIPLIN PRAJURIT

1.            Personel.

                        Penyusunan Daftar Susunan Personel Denprov Pasmar – 2 yang diharapkan sesuai kondisi organisasi dan rencana pembangunan kekuatan Korps Marinir, mengacu pada Kebijakan Strategi pimpinan. Untuk itu di perlukan personel yang mempunyai kualitas sumber daya manusia yang tinggi dengan tujuan agar pelaksanaan penegakkan tata tertib dan disiplin prajurit di lingkungan Korps Marinir bisa terlaksana dengan optimal, sehingga dapat menekan angka pelanggaran prajurit yang terjadi di lingkungan Marinir sehingga pada akhirnya akan mendukung pelaksanaan tugas TNI AL. Beberapa personel yang dulunya bukan personel pengawak provos masuk ke Denprov menjadi provos, yang pada akhirnya menjadi beban organisasi karena harus belajar untuk menyesuaikan dengan jabatan baru serta berperilaku lebih disiplin.

                        Dalam pelaksanaan dilapangan rata – rata personel Denprov Pasmar – 2 belajar secara otodidak atau belajar dari pengalaman personel lain, arahan dari para senior baik Bintara maupun Tamtama, melihat secara langsung pelaksanaan fungsi provos di bidang pemeliharaan ketertiban, dan langsung dipraktekkan ditempat. Para Perwira provos secara berkala memberikan pengarahan, pelajaran kepada personel untuk ditaati dan dipedomani.

2.               Kemampuan Personel yang Diharapkan.

                        Untuk meningkatkan kemampuan personel Denprov Pasmar – 2 seperti yang diharapkan, dalam melaksanakan kegiatan penegakan tata tertib dan disiplin harus dikelola secara profesional. Sumber daya manusia yang memungkinkan untuk itu adalah personel yang mempunyai dedikasi tinggi, kemampuan dan latar belakang pendidikan sesuai dibidangnya. Rekruitmen personel dalam rangka pemenuhan Daftar Susunan Personel Denprov Pasmar – 2, harus diisi oleh personel dari Korps yang ada di TNI AL terutama Korps Marinir / Korps Polisi Militer.

Dengan  melihat latar  belakang pendidikan dan penugasan, diharapkan mampu meningkatkan kualitas dan kinerja satuan. Pengisian Daftar Susunan Personel tidak didasarkan kepada kuantitas, tetapi lebih ditekankan kepada kualitas, sehingga efektifitas dan efisiensi kegiatan penegakkan tata tertib dan disiplin prajurit di lingkungan Korps Marinir yang diharapkan dapat terwujud.

Personel Provos harus sudah menjalani pendidikan, kursus, kejuruan, penyidik atau LDD, karena untuk meningkatkan sumber daya manusia dibutuhkan personel yang telah memiliki kualifikasi sesuai bidang pamfik, hartib dan idik. Untuk itu maka perlu diberikan kesempatan atau peluang kepada personel provos yang belum memiliki kualifikasi untuk mengikuti pendidikan atau kursus.

Supaya optimalisasi Denprov Pasmar – 2 dapat terwujud, maka kesempatan-kesempatan untuk mengikuti pendidikan/ kursus, dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia personel provos harus diberikan hak tersebut agar tugas dan fungsi provos dapat tercapai. Disinilah diperlukan prioritas personel provos yang akan mengikuti pendidikan di lembaga pendidikan TNI Angkatan Laut maupun TNI AD. Perbedaan antara personel yang sudah melaksanakan pendidikan atau belum dapat dilihat dari kinerja personel tersebut pada saat mendapatkan tugas dari atasan atau pada saat melaksanakan kegiatan keprovosan di lapangan. Sehingga optimalisasi Denprov Pasmar – 2 dapat terwujud.

3.            Kontribusi

Dengan meningkatnya optimalisasi Denprov Pasmar – 2, maka diharapkan adanya kontribusi yang dapat mendukung peningkatan penegakkan tata tertib dan disiplin prajurit Korps Marinir dalam mendukung tugas TNI AL, sebagai berikut  :

a)            Apabila sumber daya manusia Denprov Pasmar – 2 berkualitas maka akan berdampak  tercapainya peningkatan penegakkan tata tertib dan disiplin.

b)            Apabila penegakkan tata tertib dan disiplin ditingkatkan maka akan berdampak pada tugas TNI Angkatan Laut terdukung.

4.            Indikator Keberhasilan.

Dalam melakukan suatu kegiatan perlu adanya suatu indikator yang dapat memberikan penilaian atas hasil suatu kegiatan tersebut. Indikator tersebut dijadikan sebagai bahan evaluasi untuk mengetahui apa dan sejauh mana hasil yang telah dicapai, serta apa yang harus diperbaiki untuk memperoleh hasil optimal. Penetapan indikator akan sangat membantu dalam menentukan kebijakan yang akan diambil selanjutnya apabila dalam pelaksanaan kegiatan terjadi kesalahan atau tidak sesuai dengan apa yang telah direncanakan. Pelaksanaan optimalisasi Denprov Pasmar – 2 dalam meningkatkan penegakkan tata tertib dan disiplin Korps Marinir dinyatakan berhasil dapat dilihat dari beberapa indikator, sebagai berikut  :         

a.         Terpenuhinya Daftar Susunan Personel organisasi Denprov Pasmar – 2 seperti yang diharapkan sehingga mampu meningkatkan upaya penegakkan tata tertib dan disiplin prajurit Korps Marinir dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya.

b.         Terpenuhinya kualitas sumber daya manusia Denprov Pasmar – 2 seperti yang diharapkan dengan kualifikasi dan kualitas yang maksimal, sehingga mampu meningkatkan kinerja dalam, menangani berbagai permasalahan yang dihadapi oleh prajurit Marinir terkait pelanggaran pidana maupun disiplin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar