Selasa, 19 Agustus 2014

DETASEMEN PROVOS PASMAR - 2 YANG DIHARAPKAN



DETASEMEN PROVOS PASMAR – 2 YANG DIHARAPKAN

1.            Umum.

Pelaksanaan penegakkan tata tertib dan disiplin prajurit di lingkungan Korps Marinir yang optimal akan membawa dampak terhadap meningkatnya kinerja dan kesiapan prajurit dalam mendukung pelaksanaan tugas. Dengan demikian maka terjadinya peningkatan angka pelanggaran baik disiplin maupun pidana yang kerap terjadi semaksimal mungkin akan dapat diminimalisir. Kemampuan Denprov Pasmar – 2 sebagai satuan pelaksanan dari Pasmar – 2 dalam melaksanakan tugas dan fungsi terkait penegakkan tata tertib dan disiplin pada masa mendatang diharapkan dapat dilaksanakan secara optimal, profesional, efektif dan efisien, sehingga mampu menciptakan suatu kondisi kehidupan prajurit yang taat aturan serta disiplin dalam melaksanakan tugasnya, dengan demikian maka tentunya hal tersebut akan dapat menjamin kesiapan Korps Marinir dalam rangka mendukung tugas TNI Angkatan Laut.

Seluruh personel Provos Denprov Pasmar – 2  didalam menjalankan bidang tugasnya membantu komandan satuan atau Ankum dapat melaksanakan dengan penuh keyakinan tanpa ragu, lebih mengerti dan menghayati sehingga dapat mencapai sasaran tugas sesuai yang diharapkan. Setiap prajurit Marinir yang melanggar peraturan disiplin wajib untuk dikenakan sanksi, Ankum dapat memilih untuk dijatuhi hukuman disiplin prajurit atau tindakan disiplin sesuai dengan aturan yang berlaku. Setiap Perwira dapat menjatuhkan tindakan disiplin kepada anggota dibawahnya langsung atau tidak dengan catatan harus melaporkan kepada komandan satuannya tentang terjadinya pelanggaran tersebut dan sanksi yang dijatuhkan. Hal tersebut tentunya dapat dicapai dengan terpenuhinya kualitas dan kuantitas sumber daya manusia yang mengawakinya serta sarana dan prasarana yang cukup bagi Denprov Pasmar – 2.

Untuk mewujudkan hal tersebut, dihadapkan dengan semakin kompleksnya masalah saat ini terkait pelanggaran yang dilakukan oleh prajurit, maka sangat diperlukan suatu konsep baru tentang sistim penegakkan tata tertib dan disiplin di lingkungan Korps Marinir yang lebih efektif, efisien dan profesional sehingga mampu meningkatkan kesiapan prajurit dalam melaksanakan tugas Marinir maupun tugas TNI Angkatan Laut secara keseluruhan. Meningkatkan citra dan martabat prajurit tiada jalan lain kecuali menyadarkan anggota untuk menegakkan dan memelihara tata tertib dan disiplin, secara profesional.

2.            Pembahasan.

Menurut Undang – Undang RI Nomor 26 Tahun 1997 tentang Hukum Disiplin Prajurit, Undang – Undang RI Nomor 31 Tahun 1997 tentang Peradilan Militer,  Undang – Undang RI Nomor 34 Tahun 2004 tentang Tentara Nasional Indonesia mengisyaratkan bahwa Denprov merupakan bagian integral dari Korps Marinir TNI Angkatan Laut maka keberadaannya organisasi tersebut harus dipertahankan dan ditingkatkan dalam melaksanakan penegakkan tata tertib dan disiplin dan menyediakan kekuatan untuk melaksanakan bantuan fungsi kepolisian militer. Sedangkan menurut teori Mary Parker Follet, James A.F. Stoner,  secara umum menyatakan pentingnya organisasi untuk pencapaian tugas pokok. Dengan demikian maka pengoptimalan Denprov Pasmar – 2 lebih maksimal dalam menangani penegakkan tata tertib dan disiplin di lingkungan Korps Marinir Pasmar – 2.

Menurut teori sumber daya manusia secara umum pengertian Manajemen sumber daya manusia adalah mengelola sumber daya manusia. Sumber daya manusialah yang paling penting dan sangat menentukan. Sumber daya manusia merupakan satu – satunya sumber daya yang memiliki akal, perasaan, keinginan.  Berdasarkan teori tersebut dihadapkan dengan kondisi sumber daya manusia sekarang ini maka akan diketahui terutama secara kualitas relatif masih rendah dan belum sesuai yang diharapkan untuk itu ke depan harus dilakukan upaya – upaya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia guna tercapainya optimalisasi Denprov Pasmar – 2.   

Berdasarkan analisis diatas  maka optimalisasi Denprov Pasmar – 2 dalam hal penegakkan tata tertib dan disiplin harus dilakukan melalui :

a.            Peningkatan kemampuan organisasi Denprov Pasmar – 2 dalam penegakkan tata tertib dan disiplin.

b.            Pemenuhan sarana dan prasarana Denprov Pasmar – 2 untuk mendukung tugas pokok dapat tercapai.

c.             Mewujudkan kondisi sumber daya manusia Denprov Pasmar – 2 yang berkualitas.

1 komentar:

  1. Titsanium Triton Titanium Poker Table - Tile Tile and Tiles - The
    Titsanium Poker Table is a 3-in-1 titanium pots and pans Poker table titanium cost designed for a Tilt Poker Table. Titsanium titanium rainbow quartz Triton Triton Triton Triton Triton Triton Triton Triton suppliers of metal Triton Triton Triton Triton Triton Triton Triton Triton Triton Triton Triton Triton Triton titanium ring Triton

    BalasHapus